0812 2010 1979
geomasindo@gmail.com
Jl.WIlis No.11 Pesanggrahan
Jakarta Selatan

Kawat Bronjong

Kawat Bronjong

Kawat BronjongSalah satu material yang sering digunakan dalam berbagai macam konstruksi adalah kawat bronjong. Jenis kawat yang satu ini sudah sangat populer. Penggunaannya pun bisa kita temukan di berbagai macam konstruksi sebagai salah satu material terpentingnya.

Keberadaan kawat bronjong ini sendiri sangat penting untuk sejumlah pihak. Oleh karena itu, tak heran jika kita pun bisa melakukan penggunaan material ini untuk berbagai kepentingan. Akan tetapi, alangkah lebih baik kita mengenal lebih dekat material satu ini.

Apa itu kawat bronjong?

kawat bronjong merupakan anyaman dari kawat baja yang dilapisi oleh galvanis atau seng. Anyaman ini membentuk kotak atau balok. Pada bagian dalamnya diisi oleh sejumlah batu berukuran besar demi mencegah erosi. Pada umumnya, kawat ini dipasang di tepi sungai atau area tebing yang dikerjakan untuk mengatasi gerusan dari arus sungai.

Kekuatan kawat baja ini tergolong cukup tinggi. maka dari itu, untuk bisa membentuk dan mengayamnya membutuhkan tenaga mesin. Teknik yang diterapkan adalah lilitan ganda untuk membentuk lubang-lubang dengan bentuk segi enam. Anyaman tersebut diikat dengan kuat di antara sisi-sisinya, sehingga tak mudah terurai.

Ikatan anyaman kawat bronjong membuatnya bisa menahan tanah. Hal ini akan bisa mencegah terjadinya erosi atau longsor. Kawat yang dipakai terbuat dari baja yang dilapisi oleh galvanis, sehingga kawat ini pun tak mudah berkarat. Maka dari itu, tak heran jika kawat ini bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama dan tergolong awet.

Secara umum, kawat yang dipakai merupakan kawat baja yang dilapisi oleh galvanis. Kawat yang dilapisi oleh galvanis ini mempunyai bahan anti karat. Bahan ini menyerupai krom, sehingga kuat untuk menahan erosi. Dengan demikian penggunaan secara optimal bisa diterapkan untuk mencegah terjadinya beberapa hal yang tak diinginkan.

Di samping lapisan galvanis, ada juga jenis kawat ini yang berasal dari bahan PVC. Jenis kawat ini dilapisi oleh bahan plastik di bagian luarnya. Maka, jika kita melihatnya dari luar akan tampak lebih menarik. Di samping itu, nilai estetika atau keindahannya pun akan bertambah, sehingga akan memberi kesan tertentu.

Fungsi utama kawat bronjong

Ada beberapa fungsi kawat ini yang bisa Anda ketahui. Hal ini sangat penting, sebab Anda bisa menggunakannya secara maksimal jika membutuhkan. Di samping itu Anda pun bisa memanfaatkan kawat baja ini secara optimal untuk beberapa jenis konstruksi. Maka dari itu, Anda pun bisa mengetahui beberapa fungsinya seperti di bawah ini.

  1. Memperkuat dan melindungi tanah di sekeliling tebing, tepi sungai, serta tepi tanggul agar tak terjadi longsor.
  2. Membentuk bendungan dengan tujuan meningkatkan volume air sungai.
  3. Menjaga daerah tepi sungai dari adanya arus sungai, sehingga bantaran sungai pun tak akan mudah hancur.
  4. Memperkuat tebing agar stabil meskipun miring.
  5. Mencegah terjadinya erosi dan longsor.
  6. Sebagai pemecah gelombang ringan dan melindungi air dari abrasi.
  7. Membangun konstruksi penahan tanah.
  8. Menjadi pelindung pilar jembatan dari adanya gerusan aliran air.

 

Penggunaan kawat ini sendiri bisa diterapkan di banyak tempat. Misalnya saja sepertiĀ  tanah timbunan, daerah tepi sungai, dinding penahan tanah, tanggul, dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, tak heran jika kawat baja ini pun bisa kita temukan aplikasinya di berbagai tempat untuk digunakan secara optimal.

Keunggulan dari kawat bronjong

Jika kita bandingkan dengan konstrukdi bahan lain seperti yang dibuat dari bahan beton, kawat bronjong mempunyai beberapa keunggulan. Hal ini menjadikan banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Jika Anda juga berminat untuk melakukan hal yang sama, maka beberapa keunggulan ini bisa Anda ketahui terlebih dulu seperti di bawah ini.

  1. Sifat kawat baja ini fleksibel, sehingga dapat mengikuti pergerakan tanah di bawahnya tanpa merusak bagian konstruksi dasar.
  2. Tumpukan sejumlah batu yang ada di dalam kawat ini memungkinkan air bisa mengalir di sela-selanya, sehingga tekanan tanah pun berkurang serta mengurangi resiko tanah longsor.
  3. Harga kawat baja ini cenderung jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan penahan yang terbuat dari bahan beton.
  4. Kawat baja yang menjadi bahan baku material ini mudah untuk didapatkan, begitu pula dengan batu yang menjadi pengisinya.
  5. Kawat ini lebih ringan untuk dibawa dibandingkan dengan bahan beton.
  6. Bentuknya sederhana, sehingga bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan mesin dengan teknologi tinggi.
  7. Kawat yang mudah untuk dibentuk membuatnya lebih mudah untuk diaplikasikan di mana pun dan kapan pun.

 

Itulah beberapa hal penting tentang kawat bronjong. Anda sudah mengetahui hal ini, sehingga tak perlu merasa bingung lagi dengan aplikasinya. Anda pun bisa menggunakan kawat baja ini secara optimal untuk menghindari terjadinya erosi, longsor, dan beberapa bentuk pengikisan yang membahayakan.